Tanda Tangan

TEXTAREA_ID

Jangan Gunakan Hp di RS !!


JAKARTA - Setiap dinding di Rumah Sakit selalu terpampang pengumunan "dilarang menggunakan HP'. Jangan main-main dengan larangan itu sebab menurut sebuah studi terbaru, menggunakan ponsel bisa menimbulkan bahaya tersendiri dan menimbulkan berbagai gangguan.

Menurut hasil penelitian terbaru dari University of Amsterdam, Belanda, mereka menemukan setidaknya 50 insiden berkaitan dengan gelombang elektromagnetik dari ponsel yang digunakan di rumah sakit. Bahkan, 75 persen dari insiden ini digolongkan beresiko secara signifikan seperti gangguan pada alat pengukur detak jantung. Bahkan, resiko yang paling parah adalah hal tersebut dapat mematikan alat pernafasan pada pasien.

Karenanya, disarankan ponsel seharusnya tidak boleh digunakan dalam jarak sekurangnya satu meter dari tempat tidur rumah sakit dan peralatan medisnya. Demikian usul dari para peneliti yang mempublikasikan hasil studi ini di jurnal Critical Care. "Peralatan gawat darurat bisa terganggu dengan gelombang elektromagnetik dari teknologi telekomunikasi wireless generasi baru." tulis mereka seperti dikutip dari Reuters.

Para peneliti Belanda ini telah mengujicoba sebanyak 61 peralatan medis yang berbeda. Mereka menyatakan bahwa kebanyakan insiden gangguan diakibatkan oleh sinyal General Packet Radio Service (GPRS), teknologi telekomunikasi generasi baru yang memungkinkan beberapa kemudahan seperti akses internet wireless.

Hasil studi dari Belanda ini merupakan kontradiksi dari studi sebelumnya yang dilakukan peneliti di Mayo Clinic. Mereka menyatakan bahwa setelah 300 tes selama lima bulan, tidak dijumpai gangguan terhadap peralatan medis penting rumah sakit akibat penggunaan ponsel.Wahh

Sumber : Harian Terbit


Comments :

0 komentar to “Jangan Gunakan Hp di RS !!”
 
Blogvertise